#under_header{float:left;width:100%;}

Laman

Sabtu, 28 Februari 2015

Memperbaiki Laptop Acer 4736 Mati Total



Pada kesempatan kali ini saya mau membagi pengalaman saya memperbaiki laptop acer 4736 yang menurut pengakuan user laptopnya mati total. kemudian saya coba mencolokkan charger ke laptop dan terlihat lampu indikator pada charger menjadi padam. dari sini saya bisa menyimpulkan bahwa kemungkinan terjadi arus balik ( short) pada jalur DC IN pada mainboard
PENTING BAGI SEORANG TEKNISI UNTUK BISA MENGANALISA PENYEBAB KERUSAKAN BERDASARKAN GEJALANYA.


Selanjutnya menuju tahap eksekusi. Laptop pun akhirnya di bongkar sampai tinggal mainboardnya saja dan untuk mengetahui jalur DC IN maka saya membuka skematik laptop seri ini,, (kode board KALG1-5272P-REV_0.1) dan saya menuju ke lembar DC IN . langkah pertama saya mengukur impedansi pada PR35 menunjukkan nol (short). PR35nya di copot dan terlihat short yang terjadi adalah pada jalur sebelum PR35. Pada kasus ini yang memungkinkan terjadi short adalah PC (power capasitor), PL(power induktor) dan PD (power dioda). Langkah selanjutnya saya memutus kan PJ10 (PJ=power jumper) dan terukur bahwa yang short adalah pada jalur setelah PJ10. 
Antara jalur PJ10 dan PR35 terlihat ada PC20. PC21, PC22, PQ5 dan ISL6237_B+. (lihat gambar)

Description: C:\Documents and Settings\sugan\My Documents\Downloads\Documents\Memperbaiki Laptop Acer 4736 Mati Total _ NS Comp_files\Untitled.jpg


saya mulai dengan mencopot PC20, PC21, dan PC22 dan ternyata sudah tidak short lagi. 

Kesimpulan, yang menyebabkan short adalah PCnya, kemudian diganti dan memasang kembali PR35 dan PJ10. saya coba colok charger. terlihat lampu indikator charger masih tetap nyala dan pada PR35 kluar 19v, PJ2 =3v, PJ4=5v. dan tegangan pada bios juga sudah keluar. Pada tahap ini Mainboard sudah bisa di switch on. Kemudian RAMnya dipasang dan di switch on ternyata nyala. selanjutnya saya hubungkan ke monitor external dan terlihat tampilan bios setting. kebahagiaan pun menghampiri.

Description: C:\Documents and Settings\sugan\My Documents\Downloads\Documents\Memperbaiki Laptop Acer 4736 Mati Total _ NS Comp_files\e.jpg


Selanjutnya Laptop di rakit lagi dan di coba nyalakan skali lagi daannnnnnnn,, taaraaaaa.....  Laptop siap di Ambil sama empunya, hehehe... 

Description: C:\Documents and Settings\sugan\My Documents\Downloads\Documents\Memperbaiki Laptop Acer 4736 Mati Total _ NS Comp_files\20140822_224917_NIGHT.jpg

1 komentar: